Awal Mula Honda Nova Tena
Honda Nova Tena, yang dikenal sebagai motor 2-tak legendaris, pertama kali diperkenalkan di Thailand pada tahun 1980-an. Motor ini menjadi salah satu pelopor di segmen underbone, bersaing ketat dengan Suzuki RC100 Sprinter yang juga populer pada saat itu. Meskipun tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia oleh AHM, banyak motor ini yang masuk melalui importir umum, sehingga membuatnya tetap mendapatkan tempat di hati para penggemar.
Pada dekade 1990-an, Honda Nova Tena mulai dikenal luas di kalangan pembalap motor di Asia Tenggara. Dengan desain yang inovatif dan performa yang mengesankan, motor ini dengan cepat menjadi pilihan utama di kelas balap 110-115cc. Banyak pembalap, terutama dari Thailand, yang mengandalkan Nova Tena untuk meraih prestasi di lintasan balap.
Varian dan Keunggulan
Honda Nova Tena memiliki beberapa varian, yang masing-masing menawarkan fitur unik. Tena S merupakan model dengan kopling otomatis, sedangkan Tena R juga dilengkapi dengan kopling otomatis. Namun, varian yang paling banyak dibicarakan adalah Nova Tena RS, yang hadir dengan pilihan kopling manual dan close ratio. Varian RS ini juga terbagi menjadi dua berdasarkan kapasitas mesin, yaitu Tena RS 105cc dan Tena RS 110cc.
Keunggulan dari Tena RS 110 terletak pada fitur keamanan yang lebih baik, seperti penggunaan rem cakram di depan dan belakang. Ini berbeda dengan varian S dan R yang masih menggunakan rem tromol. Penambahan monoshock di bagian belakang juga menjadikan pengalaman berkendara lebih nyaman dan stabil, terutama saat melibas tikungan di lintasan balap.
Dominasi di Kancah Balap
Seiring berjalannya waktu, Honda Nova Tena semakin mengukuhkan posisinya di dunia balap nasional Indonesia. Kelas 2-tak 110-115cc menjadi primadona, dan Nova Tena berhasil menggeser dominasi motor-motor lain seperti Suzuki dan Yamaha. Beberapa pembalap terkenal yang pernah menggunakan motor ini antara lain Rafid Poppy Sugiarto dan Ahmad Jayadi.
Kehadiran tim-tim balap yang profesional, seperti SKF Fuchs Star Motor, semakin memperkuat posisi Nova Tena di arena balap. Dengan racikan dan modifikasi yang tepat, motor ini mampu bersaing dengan ketat di berbagai ajang balapan. Banyak catatan prestasi yang diraih oleh pembalap yang menggunakan Nova Tena, menunjukkan betapa kompetitifnya motor ini.
Desain Modern dan Fitur Teknologi
Dari segi desain, Honda Nova Tena RS 110 menawarkan tampilan yang lebih modern dibandingkan pendahulunya. Posisi lampu depan dan belakang yang lebih ergonomis memberikan kesan sporty dan agresif. Honda juga melakukan beberapa upgrade pada desain, termasuk stoplamp yang lebih menarik dan penggunaan velg cast wheel yang menambah daya tarik visual motor ini.
Untuk urusan mesin, Honda Nova Tena dilengkapi dengan mesin 109cc, 2-tak, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 11,8 hp pada 11.000 rpm. Sistem transmisi 5 percepatan membuatnya lebih responsif, sementara kompresi yang rendah memungkinkan penggunaan bahan bakar premium. Dengan kapasitas tangki 4,5 liter, Nova Tena menjadi pilihan ideal untuk balapan jarak jauh.
Komunitas dan Dukungan Purna Jual
Honda Nova Tena tidak hanya dikenal di arena balap, tetapi juga memiliki komunitas yang solid di kalangan pecinta motor. Banyak forum dan grup di media sosial yang membahas cara modifikasi, perawatan, dan berbagi pengalaman berkendara. Komunitas ini menjadi tempat berkumpul bagi para penggemar untuk saling berbagi informasi dan tips.
Dukungan purna jual dari Honda juga sangat baik, memudahkan pemilik untuk menemukan suku cadang dan aksesori yang dibutuhkan. Dengan banyaknya toko yang menyediakan suku cadang, pemilik Honda Nova Tena tidak perlu khawatir tentang perawatan motor ini.
Penutup
Honda Nova Tena adalah salah satu motor yang menciptakan sejarah di dunia balap Indonesia. Dengan performa, desain, dan dukungan komunitas yang kuat, motor ini akan terus dikenang sebagai salah satu ikon 2-tak yang tak terlupakan. Bagi para penggemar motor, Nova Tena bukan sekadar kendaraan, tetapi bagian dari sejarah balap yang penuh prestasi dan kenangan.