Awal Mula dan Keunggulan Honda BeAT
Honda BeAT merupakan salah satu motor matic yang sangat digemari di Indonesia. Sejak peluncurannya, motor ini berhasil menarik perhatian banyak pengendara berkat desainnya yang simpel dan fungsional. Khususnya untuk model karburator, BeAT menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari motor yang mudah dimodifikasi.
Dari segi performa, Honda BeAT karburator dilengkapi dengan mesin berkapasitas 108 cc. Dengan tenaga maksimum mencapai 8,22 PS dan torsi maksimum 8,32 Nm, motor ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari di kota. Karakter mesinnya yang responsif pada putaran bawah menjadikannya ideal untuk menghadapi kemacetan.
Ketertarikan pada Sistem Karburator
Sistem karburator pada Honda BeAT menjadi salah satu faktor utama yang membuatnya diminati. Banyak pengendara lebih memilih karburator karena lebih mudah disetting dan lebih terjangkau dalam hal perawatan. Bagi mereka yang senang memodifikasi motor, BeAT karburator memberikan keleluasaan untuk melakukan perubahan, seperti bore-up hingga 130 cc.
Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, performa motor ini meningkat secara signifikan. Selain itu, desain mesin yang sederhana tanpa banyak teknologi canggih memudahkan pengendara untuk melakukan perubahan. Jika diperlukan, dinamo starter bisa diganti dengan komponen yang lebih kuat untuk mendukung performa mesin yang telah ditingkatkan.
Dimensi yang Ideal untuk Berkendara
Honda BeAT karburator memiliki dimensi yang kompak dan bobot yang ringan. Panjang motor ini mencapai 1.859 mm, lebar 676 mm, dan tinggi 1.053 mm, yang memberikan kenyamanan saat berkendara. Dengan sumbu roda 1.240 mm, motor ini sangat lincah dan mudah dikendalikan, terutama di tengah lalu lintas yang padat.
Kaki-kaki dari BeAT karbu juga dirancang untuk memberikan kenyamanan. Suspensi depan menggunakan teleskopik, sementara suspensi belakang berjenis model tunggal, yang memungkinkan pengendara untuk melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. Desain ini juga mendukung pengendara yang menggunakan motor ini di sirkuit.
Sistem Pengereman yang Efisien
Dalam hal sistem pengereman, Honda BeAT karburator dilengkapi rem cakram di bagian depan dan rem tromol di belakang. Meskipun belum menggunakan teknologi CBS, pengendara tetap memiliki kontrol penuh saat berkendara. Hal ini sangat penting, terutama dalam situasi lalu lintas yang padat.
Ban yang digunakan juga tersedia dalam berbagai pilihan. Dengan ukuran ban 80/90-14 di depan dan 90/90-14 di belakang, BeAT karburator dapat menggunakan ban yang sesuai untuk keperluan sehari-hari maupun balapan. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengendara.
Stabilitas Harga di Pasar Bekas
Harga bekas Honda BeAT karburator cukup stabil dan terjangkau di pasaran. Motor ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 7 juta, tergantung pada kondisi dan tahun pembuatan. Stabilitas harga ini menjadikannya pilihan menarik bagi mereka yang ingin memiliki motor matic berkualitas tanpa mengeluarkan banyak uang.
Permintaan terhadap Honda BeAT karburator di daerah-daerah kecil juga cukup tinggi. Banyak orang mencari motor ini untuk digunakan di kampung halaman, di mana motor ini lebih diminati dibandingkan di kota besar. Hal ini menciptakan peluang bagi penjual untuk menawarkan motor ini dengan harga yang bersaing.
Kesimpulan: Honda BeAT Karburator, Pilihan Tepat untuk Pecinta Modifikasi
Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, Honda BeAT karburator tetap menjadi pilihan menarik bagi para penggemar otomotif. Desain yang praktis, mesin yang responsif, dan harga bekas yang stabil menjadikannya favorit di kalangan pengendara. Jika Anda mencari motor yang mudah dimodifikasi dan dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, Honda BeAT karbu adalah pilihan yang cerdas.